Penasaran mau tahu siapa Al-Fatih ?...
A. Biografi Al-Fatih
1. Nama, Kelahiran, Nasab dan Wafat Beliau
Nama lengkap beliau adalah Utsman bin Artogrol bin Sulaiman. Dalam khazanah Islam ia lebih dikenal dengan Al-Amiir Sulthan Muhammad Al-Fatih, dikenal juga dengan Sulthan Muhammad Khan, sementara di Eropa dia dikenal dengan 'Mehmed the Conqueror' (Muhammad Sang Penakluk) atau Mehmed II. Beliau juga yang pertama mendapat gelaran yang diberikan oleh Barat yaitu ‘Grand Seigneur’ yang berarti pemimpin agung.[3]
Beliau dilahirkan pada tanggal 27 Rajab 835H bertepatan dengan tanggal 30 Maret 1432M, beliau lahir di Edirne yang pada masa itu adalah ibu kota kerajaan Utsmaniyyah dan beliau wafat pada tanggal 04 Rabbi'ul Awwal 886H bertepatan dengan 03 Mei 1481M di Hünkârcayırı, berdekatan dengan Gebze[4]. Akan tetapi dikatakan pada referensi yang lain bahwa Sultan Muhammad al-Fatih dilahirkan pada tanggal 26 Rajab 833 Hijrah bertepatan dengan tanggal 20 April 1429 Masehi.[5]
Ayahnya adalah Sulthan Murad II (1404M–1451M), yang merupakan salah seorang pemimpin yang hebat dan tokoh pemerintah kerajaan Utsmaniyyah yang ke-6. yang masyhur. Adapun ibunya bernama Huma Hatun, anak perempuan Abd'Allah dari Hum, dan dalam referensi lain dikatakan bahwa ibunya adalah seorang puteri raja berketurunan Nasrani[6].
2. Pertumbuhan Pribadi Al-Fatih
Beliau dibesarkan di Adirnah di bawah penjagaan ayahnya, dalam membentuk keperibadian anaknya menjadi seorang pemimpin yang cemerlang, ayahnya mengutamakan keseimbangan elemen fisik, mental dan rohani, sehingga kekuatan Sultan Muhammad al-Fatih dapat dilihat pada ketinggian peribadinya. Ketika usianya masih kecil beliau sudah diajari menunggang kuda, memanah dan menggunakan pedang. Tak lupa elemen rohani turut mendapat perhatian dan dorongan penuh dari ayahnya. Oleh karena itu beliau telah di tarbiah secara intensif oleh para ulama terulung antaranya ialah al-Syeikh Muhammad bin Ismail al-Kurani yang terkenal dengan gelaran Abu Hanifah di zamannya. Dalam masa yang sama Asy-Syeikh Ak Samsettin (Syamsuddin) merupakan murabbi Sultan Muhammad Al-Fatih yang hakiki, yang nama sebenarnya ialah Muhammad bin Hamzah Ad-Dimasyqi Ar-Rumi yang mana nasabnya sampai kepada Abu Bakar As-Siddiq Rodhiyallohu 'Anhu. Beliau mengajarkan Al-Faatih ilmu-ilmu asas yaitu Al-Qur'an, Al-Hadits, Fiqh, Linguistik (Arab, Parsi dan Turki) dan juga ilmu kemahiran yang lain seperti Matematik, Falak, Sejarah, Ilmu Peperangan dan sebagainya. Sehingga Al-Faatih mempunyai kepakaran dalam bidang ketenteraan, sains, matematik dan menguasai enam bahasa (bahasa Turki, Bahasa Greek, Bahasa Hebrew, Bahasa Arab, Bahasa Parsi dan Bahasa Latin) ketika beliau masih berumur 21 tahun. Syeikh Ak Semsettin bukan saja bertindak sebagai gurunya di kala muda, malah dalam setiap keputusan dalam pemerintahan juga akan dirujuk kepada Syeikh Ak Semsettin dalam memastikan setiap keputusan itu bersesuaian dengan kehendak Allah dan RasulNya. Beginilah telitinya Al-Fatih dalam menjaga hukum Allah.[7]
Semenjak kecil, Syeikh Ak Semsettin berusaha meyakinkan Sulthan Muhammad Al-Fatih bahwa beliaulah orang yang dimaksudkan oleh Rasulullah di dalam hadits pembukaan Costantinople tersebut. Sultan Muhammad Al-Fatih sangat menyayangi Syeikh Ak Semsettin. Beliau mempunyai kedudukan yang istimewa pada diri Sultan Muhammad Al-Fatih dan ini sangat jelas dinyatakan oleh beliau ketika pembukaan Istanbul, "...sesungguhnya kamu semua melihat aku gembira sekali. Kegembiraanku ini bukanlah semata-mata kerena kejayaan kita menawan kota ini, akan tetapi ia adalah kerana hadirnya di sisiku syeikhku yang mulia, dialah pendidikku, Asy-Syeikh Ak Semsettin."[8]
Tarbiyah yang diberikan oleh para 'ulama murabbi itu memberikan pengaruh yang besar, Melalui tarbiah yang teliti dan penuh terhormat, tidak heranlah jika pribadi yang unggul seperti Sultan Muhammad al-Fatih ini lahir menempa nama besar di persada sejarah dunia dan telah mengantarkan beliau menjadi pemimpin yang adil dan berakhlak mulia.
3. Apa Kata Para Tokoh Tentang Al-Faatih ?
a. Dr. Abd. Salam bin Abd Aziz telah menulis dalam sebuah buku yang bertajuk ‘Sultan Muhammad al-Fatih’ menjelaskan :
"bahawa Sultan Muhammad al-Fatih sebenarnya memiliki keyakinan diri yang kuat, pandangan yang jauh serta kepintaran yang tinggi, malah Sultan Muhammad al-Fatih mampu untuk menghadapi tekanan, kepahitan dan bebanan yang dihadapinya. Watak beliau di awal remajanya agak berbeda dengan remaja-remaja lain yang seusia dengannya"[9].
b.Yilmaz Oztuna di dalam bukunya Osmanli Tarihi menceritakan bagaimana seorang ahli sejarah Byzantine berkata,:
“kami tidak pernah melihat dan tidak pernah mendengar sebelumnya, sesuatu yang sangat luar biasa seperti ini. Muhammad Al-Fatih telah mengubah bumi menjadi lautan dan dia menyeberangkan kapal-kapalnya di puncak-puncak gunung sebagai pengganti gelombang-gelombang lautan. Sungguh kehebatannya dia jauh melebihi apa yang dilakukan oleh Iskandar yang Agung,”.[10]
4. Keunikan Al-Fatiih dan Pasukannya adalah Sebaik-baik Ketua Dan Tentera
Ketika ayahnya menjadi sultan, beliau dilantik menjadi gubernur di Magnisa. Setelah kematian ayahnya, Sultan Muhammad al-Fatih telah diangkat menjadi pemimpin kerajaan Othmaniyah pada bulan Februari tahun 855H / 1444M pada usia beliau 19 tahun sampai 1481M. Baginda menakluk Constantinople pada hari selasa, 29 Mei 1453M melalui pertempuran yang amat terkenal, Perang Konstantinopel pada umur 28 tahun (dalam keterangan lain umur beliau 21, atau 26 tahun), yang membawa kepada kehancuran Empayar Byzantine.[11]
Beliau banyak mengkaji dan mempelajari pengalaman dari sejarah peperangan Rasulullah . Malah semangat kepahlawanan dan pengorbanan panglima perang Islam dahulu, banyak mempengaruhi jiwanya. Sultan Muhammad al-Fatih mewarisi sifat keberanian, kegagahan, kesabaran dan semangat tidak putus asa daripada ayahnya. Beliau juga mewarisi pengetahuan yang luas serta berkemahiran dalam menyusun strategi peperangan.
Juga semenjak kecil, Sultan Muhammad Al-Fatih telah meneliti dan meninjau usaha ayahnya menawan Kostantinople. Bahkan beliau terus mengkaji tentang usaha-usaha yang pernah dibuat sepanjang sejarah Islam ke arah itu, sehingga menimbulkan keazaman yang kuat untuk beliau meneruskan cita-cita umat Islam zaman berzaman itu.
Konstantinople tetap menjadi idaman al-Fatih. Bukan nama dan kemasyhuran yang dikejar, tetapi perjuangan demi mengejar gelaran dari Nabi sebagai sebaik-baik pemimpin dan tentera yang menjadi cita-citanya. Oleh itu, beliau telah menyiapkan pasukan mujahid sebanyak 250 000 orang demi merealisasikan tujuan ini. Para mujahid ini bukan sekadar dilatih dan dilengkapi dengan senjata bersifat dzahiriah, tapi mereka juga turut dididik dengan taqwa untuk memenuhi kriteria yang dinyatakan oleh Rasulullah .
Setiap hari al-Fatih bermunajat pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengharapkan bantuan dariNya. Namun ikhtiarnya tidak terhenti sekadar munajat, bahkan beliau sendiri pernah menyusup masuk ke dalam kota Konstantinople secara rahsia, demi mengkaji secara dekat akan kekuatan kubu dan juga untuk memahami struktur sosial masyarakat Constantinople yang diperintah oleh Raja Byzantine. Usaha beginilah yang belum pernah dilakukan oleh khalifah sebelumnya yang mungkin mejadi sebab kepada kesuksesan, akibat gagal mengetahui kekuatan musuh.
Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak baligh hingga saat wafat. Dan kedekatannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala ditularkan kepada tentaranya. Tentara Sultan Muhammad Al-Fatih tidak pernah meninggalkan solat wajib sejak baligh. Dan separuh dari mereka tidak pernah meninggalkan solat tahajud sejak baligh.
Mentarbiyah Tentara Satu hal yang jarang diingat orang adalah proses pembentukan pasukan yang sangat profesional. Pembibitan dilakukan sejak calon prajurit masih kecil. Ada team khusus yang disebarkan ke seluruh wilayah Turki dan sekitarnya seperti Balkan dan Eropa Timur untuk mencari anak-anak yang paling pandai IQ-nya, paling rajin ibadahnya dan paling kuat pisiknya. Lalu ditawarka kepada kedua orang tuanya sebuah kontrak jangka panjang untuk ikut dalam tarbiyah (pembinaan) sejak dini.
Bila kontrak ini ditandatangani dan anaknya memang berminat, maka seluruh kebutuhan hidupnya langsung ditanggung negara. Anak itu kemudian mulai mendapat bimbingan agama, ilmu pengetahuan dan militer sejak kecil. Mereka sejak awal sudah dipilih dan diseleksi serta dipersiapkan.
Maka tidak heran kalau tentara Muhammad Al-Fatih adalah tentara yang paling rajin shalat, bukan hanya 5 waktu, tetapi juga shalat-shalat sunnah. Sementara dari sisi kecerdasan, mereka memang sudah memilikinya sejak lahir, sehingga penambahan ilmu dan sains menjadi perkara mudah.
Itulah barangkali kunci utama keberhasilan beliau dan tentaranya dalam menaklukkan kota yang dijanjikan nabi Subhanahu Wa Ta'ala. Rupanya kekuatan beliau bukan terletak pada kekuatan pisik, tapi dari sisi kedekatan kepada Allah, nyata bahwa beliau dan tentaranya sangat menjaga hubungan kedekatan, lewat shalat wajib, tahajjud dan sunnah rawatib lainnya.
Beliau merupakan seseorang yang sangat ahli dalam berperang dan pandai berkuda Ada yang mengatakan bahwa sebagian hidupnya dihabiskan di atas kudanya.
5. Jasa-Jasa Al-Faatih
a. Menaklukan Constantinople
Antara sumbangsi baginda adalah menaklukan Constantinople yang juga menyebabkan berakhirnya Empayar Byzantine Kejayaan baginda dalam menewaskan tentera salib menyebabkan ramai kawan dan lawan kagum dengan kepimpinan beliau serta taktik dan strategi peperangannya yang dikatakan mendahului pada zamannya dan juga kaedah pemilihan tenteranya. Baginda jugalah yang menukar nama Constantinople kepada Islambol (Islam keseluruhannya).
b. Sistem Tata Negara, Administrasi dan Pendidikan
Selain sebagai ahli perang dan punya peran besar dalam hal perluasan wilayah Islam, beliau juga ahli di bidang penataan negara, baik secara pisik maupun dalam birokrasi dan hukum. Kehebatan beliau dalam menata negerinya menjadi negeri yang sangat maju diakui oleh banyak ilmuwan. Bahkan secara serius belaiu banyak melakukan perbaikan dalam hal perekonomian, pendidikan dan lain-lain.
Dalam kepemimpinannya, Istambul dalam waktu singkat sudah menjadi pusat pemerintahan yang sangat indah dan maju di samping sebagai bandar ekonomi yang sukses.
Sultan Muhammad al-Fatih juga berjasa dalam aspek pembangunan diantaranya pembangunan Masjid al-Fatih yang terkenal dengan gelaran Blue Mosque dan Masjid Eyyub.
Begitupula setelah invasi Konstantinopel, dia mendirikan sejumlah universitas dan perguruan tinggi, yang beberapa di antaranya masih berdiri sampai sekarang.
c. Sistem Persenjataan dan Taktik Peperangan
Kejayaan pengembangan kuasa Uthmaniyyah pada kurun ke-16 adalah kerana kemahiran bersenjata api dan taktik peperangan di samping kesempurnaan sistem ketenteraan. Tentera Utsmaniyyah juga amat mahir dalam melakukan serangan dan kepungan yang mematikan terhadap musuh mereka.
Salah satu contoh terbaik untuk menunjukkan kemahiran mereka menyerang atau membuat pengepungan ialah semasa peristiwa penaklukan Constantinople (Istanbul) pada tahun 1453. Semasa serangan tersebut, meriam-meriam besar digunakan bagi memusnahkan tembok yang tinggi dan tebal. Meriam-meriam ini diperbuat daripada gangsa dan dibawa berdekatan dengan kota ini menggunakan banyak tenaga manusia disamping penggunaan kerbau dan lembu karena berat yang melampau meriam-meriam ini. Meriam-meriam ini kemudiannya ditanam di sebelah hujung bagi menyerap tekanan letupannya. Seorang panglima Austria pernah berkata bahawa tentera Utsmaniyyah amat "kebal" semasa musim panas. Keterangan ini nyata benar memandangkan banyak kejayaan dicapai semasa perangnya.
d. Sistem Kodifikasi Hukum Kriminal dan Konstitusi
Sejarah pun mencatat, Mehmed II adalah sultan pertama yang mengkodifikasikan hukum kriminal dan konstitusi jauh sebelum Sultan Sulaiman. Di samping itu, dia pula yang mengembangkan citra klasik kesultanan Usmaniyah yang otokrasi (padishah).[12]
e. Konsep Memilih Pasukan
Memilih dan mentarbiyah tentara adalah satu hal yang jarang diingat orang adalah proses pembentukan pasukan yang sangat profesional. Pembibitan dilakukan sejak calon prajurit masih kecil. Ada team khusus yang disebarkan ke seluruh wilayah Turki dan sekitarnya seperti Balkan dan Eropa Timur untuk mencari anak-anak yang paling pandai IQ-nya, paling rajin ibadahnya dan paling kuat pisiknya. Lalu ditawarka kepada kedua orang tuanya sebuah kontrak jangka panjang untuk ikut dalam tarbiyah (pembinaan) sejak dini.
Bila kontrak ini ditandatangani dan anaknya memang berminat, maka seluruh kebutuhan hidupnya langsung ditanggung negara. Anak itu kemudian mulai mendapat bimbingan agama, ilmu pengetahuan dan militer sejak kecil. Mereka sejak awal sudah dipilih dan diseleksi serta dipersiapkan.
B. Bagaimanakah Manhaj Taghyir Dakwah Al-Faatih ?
1. Perjuangan Al-Fatih dalam Menaklukkan Konstantinopel
a. Motif Penaklukan Kontastinopel
1. Motifasi keseriusan para Sahabat, para Khalifah serta para Sulthan sesudahnya dalam menaklukkan Konstantinopel adalah hadits Rasulullah Muhammad , tentang akan ditaklukkannya Kota Konstantinopel oleh sebaik-baik pemimpin dan pasukannya.2. Konstantinopel merupakan kota terpenting di dunia, kota yang sekaligus benteng ini dibangun pada tahun 330 M. oleh Kaisar Byzantium yaitu Constantine I. Konstaninopel memiliki posisi yang sangat penting di mata dunia. Kedudukan Konstantinopel yang strategis diillustrasikan oleh Napoleon Bonaparte; ".....kalaulah dunia ini sebuah negara, maka Konstantinopel inilah yang paling layak menjadi ibukota negaranya!".Dan Konstantinopel (Istanbul) sejak dahulu memang dikenal sebagai kawasan strategis, penghubung benua Asia dan Eropa yang selalu menjadi rebutan dan incaran berbagai kekuasaan bangsa-bangsa besar di dunia. Tidak hanya itu, pemandangannya sungguh indah sehingga apabila dunia ini berbentuk suatu kerajaan, maka kota “Roma” kedua inilah yang paling pantas menjadi ibukotanya.
3. Penaklukan Konstantinopel, menurut Al-Fatih, amatlah penting bagi masa depan kesultanan Usmaniyah. Terbukti kemudian, selama berabad-abad, kesultanan Usmaniyah dapat mempertahankan pengaruh mereka di daratan Eropa Timur. Tak hanya Konstantinopel, beberapa wilayah penting lainnya juga dapat dikuasai seperti Anatolia dan kawasan Balkan. Invasi terhadap Konstantinopel serta keberhasilan kampanye melawan kerajaan-kerajaan kecil di Balkan dan wilayah Turki di Anatolia, menghadirkan kejayaan bagi Kesultanan Usmaniyah.
b. Fase-Fase Penaklukan Kontastinopel
1. Era Nubuwwah
Sabda Rasulullah Muhammad : “Sesungguhnya Costantinople itu pasti akan dibuka. Sebaik-baik ketua adalah ketuanya, dan sebaik-baik tentera adalah tenteranya”(Hadith Riwayat Ahmad, al-Hakim dan Bukhari dalam kitab Tarikh as Saghir)Hadith ini diungkapkan semasa peristiwa penggalian parit yang besar di dalam Perang Khandaq. Di kala umat di dalam keadaan tertekan, ibarat cahaya di dalam kelam, hadith ini menjadi suatu motivasi buat sahabat-sahabat akan kecermelangan Islam di masa hadapan, yang merupakan langkah awal dalam menaklukan Konstantinopel.2. Era Sahabat Radhiyallahu 'Anhum
Bertitik tolak dari hadith ini, Abu Ayub al-Ansari radiyallahu 'anhu bersama barisan tentera Muslimin telah diutuskan oleh Muawiyah ra untuk bergerak menuju ke medan perjuangan dalam usaha merealisasikan kata nabi ini. Taqdir Allah mengatasi tadbir manusia, kemenangan ekspidisi itu ditangguhkan olehNya dan akibatnya, Abu Ayub telah menemui syahid dalam peperangan tersebut.[13]
3. Era Khalifah Selepas Sahabat Rahimahullahu 'Anhum
Kegagalan “generasi terbaik” (era sahabat) tidak mematikan semangat juang muslimin. Sebaliknya, perjuangan diteruskan oleh khalifah-khalifah seterusnya, termasuklah bapak Sultan Muhammad al-Fatih, Sultan Murad II. Namun, kesemuanya masih menemui kegagalan kerana masih belum menepati ciri-ciri sebaik-baik pemimpin dan tentara yang menjadi syarat kemenangan seperti yang dijanjikan oleh Nabi .
Penaklukan Konstantinopel oleh Muhammad Al – Fatih Tatkala kekuasaan Utsmani kembali stabil, semangat Jihad kembali berkobar, pada masa pemerintahan Sulthan Murad II beberapakali usaha penaklukkan Kota Konstantinopel dilakukan. Bahkan di masanya pasukan Islam beberapakali mengepung kota ini.
Adalah Sulthan Muhammad Khan (Al-Fatih) putera Sulthan Murad II yang melanjutkan estafet penaklukkan Konstantinopel baik dari ayahnya maupun pendahulunya, Dia berusaha dengan berbagai cara dan strategi diantaranya, memperkuat kekuatan militer Utsmani dari segi kwantitas hingga mencapai 250.000 mujahid. Selain membekali pasukan dengan berbagai seni tempur dan ketangkasan menggunakan senjata, Dia juga menanamkan semangat Jihad, Sulthan juga mengingatkan mereka akan pujian Rasulullah pada pasukan yang mampu membuka Kota Konstantinopel. Dia selalu berharap, tentara yang dimaksud Rasulullah adalah tentaranya. Hal ini memberikan dorongan moral serta ruhiyyah yang sangat kuat dan tiada tara di seluruh benak pasukannya. Dia juga memperkuat infrastruktur angkatan perang yang mutakhir dan strategi canggih, dengan membangun benteng Romali Hisyar di wilayah selatan Eropa di selat Bosphorus pada sebuah titik yang paling strategis yang berhadapan dengan benteng yang pernah dibangun pendahulunya yaitu Sulthan Bayazid di daratan Asia. Meski sempat dihalangi oleh Kaisar Romawi dengan ganti uang yang akan dibayarkan pada sulthan, Sulthan tetap menolak dengan tegas. Hingga akhirnya selesailah satu benteng yang demikian tinggi dan sangat aman. Tingginya sekitar 82 meter. Sulthan juga membebaskan (menebus) tawanan insinyur ahli pembuat meriam yang bernama Orban dari penjara Konstantinopel, jadilah Meriam yang sangat besar (meriam Sulthan Muahammad) memiliki bobot ratusan ton dan membutuhkan ratusan lembu untuk menariknya. Selain itu, dalam mempersiapkan penaklukan kota Konstantinopel, sulthan memperkuat armada laut Utsmani mengingat Konstantinopel adalah sebuah kota laut, yang tidak mungkin bisa dikepung kecuali dengan menggunakan armada laut. Disebutkan bahwa kapal yang dipersiapkan berjumlah 400 kapal. Meriam meriam besar digerakkan dari Adrianople menuju Konstantinopel dalam jangka waktu dua bulan. Akhirnya pasukan yang dipimpin langsung Muhammad al-Fatih sampai didekat Konstantinople pada hari Kamis tanggal 26 Rabiul Awwal 857 H.(6 April 1453 M). Sulthan Muhammad berpidato di hadapan pasukan dengan berapi-api dan penuh semangat yang memicu pasukan untuk berjihad dan meminta kemenangan pada Allah Ta'ala atau mati syahid. Dalam khutbahnya, Sulthan menjelaskan arti pengorbanan dan keikhlasan dalam berjihad tatkala berhadapan dengan musuh. Dia membacakan ayat-ayat Al-Qur’an yang berisi seruan Jihad, sebagaimana ia juga menyebutkan hadits-hadits Rasulullah yang mengabarkan tentang penaklukkan Konstantinopel dan keutamaan prajurit yang membukanya serta keutamaan pimpinan pasukannya. Dia menyebutkan, bahwa dengan dibukanya Konstantinopel berarti akan memuliakan nama Islam dan kaum Muslim. Pasukan Islam saat itu melakukan gempuran dengan membaca Laa Ilaaha Illallah dan Allahu Akbar, yang sebelumnya Muhammad Al-Fatih memimpin do’a dengan khusyu’ kepada Allah Ta'ala untuk kemenangan dia dan pasukannya dalam menaklukkan Konstantinopel. Saat armada laut Utsmani mengalami kekalahan, padahal yang sebelumnya kaisar Byzantium hampir menyerah dengan negosiasi mengajukan tawaran-tawaran yang ditolak tegas oleh Sulthan, bertambah sulitlah pengepungan yang terjadi menjadi kendur sementara musuh menyusun kekuatan lagi dengan bantuan yang berdatangan dari negara negara eropa yang dikomando oleh paus yang katholik. Atas ide cemerlang dari sulthan Muhammad Al-Fatih, maka dalam satu malam 70 lebih kapal Utsmani dapat dilabuhkan ke Tanduk Emas melalui jalur darat dengan bebukitan yang tinggi dengan cara yang tidak lazim. Pekerjaan demikian tentu sebuah pekerjaan yang berat dan besar bahkan dianggap sebagai “mukjizat” yang tampak dari sebuah kecepatan berfikir dan kecepatan aksi yang menunjukkan kecerdasan Muhammad Al-Fatih dan ketaatan serta keinginan kuat pasukannya saat itu. Orang-orang Byzantiumpun kaget, tak seorangpun yang percaya atas apa yang telah terjadi. Namun realita yang ada di hadapan mereka membuat mereka shock dan harus mengakui strategi yang sangat jitu tadi. Pada subuh pagi tanggal 22 April, penduduk kota yang lelap itu terbangun dengan suara takbir tentara Islam Utsmani dan genderang serta nasyid-nasyid jihad yang menggema di Tanduk Emas. Salah seorang ahli sejarah tentang Byzantium menyatakan :
“kami tidak pernah melihat dan tidak pernah mendengar sebelumnya, sesuatu yang sangat luar biasa seperti ini. Muhammad Al-Fatih telah mengubah bumi menjadi lautan dan dia menyeberangkan kapal-kapalnya di puncak-puncak gunung sebagai pengganti gelombang-gelombang lautan. Sungguh kehebatannya dia jauh melebihi apa yang dilakukan oleh Iskandar yang Agung,”
Sulthan Muhammad Al-Fatih mengejutkan musuhnya dari waktu ke waktu dengan seni serangan yang selalu berbeda dari segi perang dan pengepungan, seni perang yang dia lakukan merupakan inovasi baru yang belum pernah dikenal sebelumnya. Sedangkan para Ulama’ yang ikut berjihad memberi semangat pada para mujahidin, dengan mengatakan: “Tatkala Rasulullah hijrah ke Madinah, Rasul singgah di rumah Abu Ayyub Al-Anshari, sedangkan Abu Ayyub Al-Anshari sengaja mendatangi tanah ini dan dia singgah disini (Konstantinopel)”. Ucapan ini membakar semangat pasukan Islam dan menimbulkan gelora jihad yang tinggi. Sampailah Muhammad Al-Fatih sebelum penyerangan umum memberikan pidato kepada pembesar pembesar tentara :
“Jika penaklukan kota Konstantinopel sukses, maka sabda Rasulullah Shalalahu 'Alaihi Wasallam telah menjadi kenyataan dan salah satu dari mukjizatnya telah terbukti, maka kita akan mendapatkan bagian dari apa yang telah menjadi janji dari hadits ini, yang berupa kemuliaan dan penghargaan. Oleh karena itu, sampaikanlah pada para pasukan satu persatu, bahwa kemenangan besar yang akan kita capai ini, akan menambah ketinggian dan kemuliaan Islam. Untuk itu, wajib bagi setiap pasukan, menjadikan syariat selallu didepan matanya dan jangan sampai ada diantara mereka yang melanggar syariat yang mulia ini. Hendaknya mereka tidak mengusik tempat-tempat peribadatan dan gereja-gereja. Hendaknya mereka jangan mengganggu para pendeta dan orang-orang lemah tak berdaya yang tidak ikut terjun dalam pertempuran” Adanya seni strategi perang dan peristiwa-peristiwa yang menakjubkan pada pasukan Islam yang dipimpin langsung oleh Muhammd Al-Fatih akhirnya melemahkan semangat tempur pasukan Byzantium, yang mengakibatkan kekalahan dan takluknya Konstantinopel. Tepat pada hari Selasa tanggal 20 Jumadil Ula 857 H bertepatan tanggal 29 Mei 1453 M, Konstantinopel jatuh dan berhasil ditaklukkkan oleh Sulthan Muhammad Al-Fatih, kemudian dia turun dari kudanya sesudah memberi penghargaan degan ucapannya pada pasukan “MasyaAllah,” “kalian telah menjadi orang-orang yang mampu menaklukkan konstantinopel yang telah Rasulullah kabarkan”, baru kemudian dia Sujud kepada Allah di atas tanah, sebagai ungkapan syukur dan pujian serta bentuk kerendahan diri dihadapan-Nya.Kejayaan baginda dalam mengalahkan tentera salib menyebabkan banyak kawan dan lawan kagum dengan kepimpinan beliau serta taktik & strategi peperangannya yang dikatakan mendahului pada zamannya dan juga kaedah pemilihan tenteranya.
Al-Fatih terkenal sebagai penguasa yang rendah hati. Selama menduduki satu kawasan, utamanya di Konstantinopel, misalnya, dia menjalankan praktik yang dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabat saat menaklukkan wilayah musuh. Sesuai ajaran Rasul, dia pun memperlakukan orang-orang yang ditaklukan dengan baik. Tidak ada perlakuan semena-mena.
Di setiap kota yang diduduki, Al-Fatih selalu berusaha mengembalikan fungsi bangunan yang rusak karena perang dan juga mendirikan rumah tempat tinggal layak huni. Untuk menjalankan roda kegiatan sehari-hari, yang selanjutnya Sultan menunjuk salah seorang tokoh masyarakat setempat sebagai walikota. Pengaruh kekuasaan walikota tersebut hanya terbatas pada warga beragama Kristen, tidak termasuk komunitas Genoa dan Venesia di daerah pinggiran serta pendatang Muslim maupun Yahudi. Metode Sultan ini dengan kata lain mengizinkan kuasa tak langsung kepada warga Bizantium Kristen dan sekaligus juga pengaruh lebih luas pada penguasa Utsmaniyah.
Hal tersebut berlaku sampai kemudian Sultan memperbaharui sistem pemerintahan di kota itu, menggantinya menjadi ibukota Turki Usmaniyah hingga tahun 1920-an. Begitu pula ketika keberhasilan kampanyenya terhadap kawasan Otranto di sebelah selatan Italia, Al-Fatih sempat pula mengumpulkan para humanis Italia dan ilmuwan Yunani guna berdiskusi. Hal lain yang dilakukannya adalah tetap memfungsikan Gereja Bizantium, menawarkan pada para sarjana menerjemahkan ajaran-ajaran Kristen ke dalam bahasa Turki.
Sejarah pun mencatat, Al-Fatih adalah sultan pertama yang mengkodifikasikan hukum kriminal dan konstitusi jauh sebelum Sultan Sulaiman. Di samping itu, dia pula yang mengembangkan citra klasik kesultanan Usmaniyah yang otokrasi (padishah). Setelah kejatuhan Konstantinopel, dia mendirikan sejumlah universitas dan perguruan tinggi, yang beberapa di antaranya masih berdiri sampai sekarang.
C. Pelajaran dan Ibroh dari Perjalanan Hidup Al-Fatih
Pelajaran dan ibroh dari perjalanan hidup Al-Fatih sangat banyak, tapi kami hanya akan menyebutkan beberapa poin saja diantaranya :
1. Urgensi bimbingan dan motifasi seorang guru yang rabbani, sebagaimana Al-Faatih dibimbing oleh gurunya sehingga dapat menaklukkan Konstantinopel.
2. Urgensi perhatian orang tua dalam mendidik anak, ini dapat diambil dari kisah perhatian Sultan Murad II ayah al-fatih kepada beliau.
1. Nama, Kelahiran, Nasab dan Wafat Beliau
Nama lengkap beliau adalah Utsman bin Artogrol bin Sulaiman. Dalam khazanah Islam ia lebih dikenal dengan Al-Amiir Sulthan Muhammad Al-Fatih, dikenal juga dengan Sulthan Muhammad Khan, sementara di Eropa dia dikenal dengan 'Mehmed the Conqueror' (Muhammad Sang Penakluk) atau Mehmed II. Beliau juga yang pertama mendapat gelaran yang diberikan oleh Barat yaitu ‘Grand Seigneur’ yang berarti pemimpin agung.[3]
Beliau dilahirkan pada tanggal 27 Rajab 835H bertepatan dengan tanggal 30 Maret 1432M, beliau lahir di Edirne yang pada masa itu adalah ibu kota kerajaan Utsmaniyyah dan beliau wafat pada tanggal 04 Rabbi'ul Awwal 886H bertepatan dengan 03 Mei 1481M di Hünkârcayırı, berdekatan dengan Gebze[4]. Akan tetapi dikatakan pada referensi yang lain bahwa Sultan Muhammad al-Fatih dilahirkan pada tanggal 26 Rajab 833 Hijrah bertepatan dengan tanggal 20 April 1429 Masehi.[5]
Ayahnya adalah Sulthan Murad II (1404M–1451M), yang merupakan salah seorang pemimpin yang hebat dan tokoh pemerintah kerajaan Utsmaniyyah yang ke-6. yang masyhur. Adapun ibunya bernama Huma Hatun, anak perempuan Abd'Allah dari Hum, dan dalam referensi lain dikatakan bahwa ibunya adalah seorang puteri raja berketurunan Nasrani[6].
2. Pertumbuhan Pribadi Al-Fatih
Beliau dibesarkan di Adirnah di bawah penjagaan ayahnya, dalam membentuk keperibadian anaknya menjadi seorang pemimpin yang cemerlang, ayahnya mengutamakan keseimbangan elemen fisik, mental dan rohani, sehingga kekuatan Sultan Muhammad al-Fatih dapat dilihat pada ketinggian peribadinya. Ketika usianya masih kecil beliau sudah diajari menunggang kuda, memanah dan menggunakan pedang. Tak lupa elemen rohani turut mendapat perhatian dan dorongan penuh dari ayahnya. Oleh karena itu beliau telah di tarbiah secara intensif oleh para ulama terulung antaranya ialah al-Syeikh Muhammad bin Ismail al-Kurani yang terkenal dengan gelaran Abu Hanifah di zamannya. Dalam masa yang sama Asy-Syeikh Ak Samsettin (Syamsuddin) merupakan murabbi Sultan Muhammad Al-Fatih yang hakiki, yang nama sebenarnya ialah Muhammad bin Hamzah Ad-Dimasyqi Ar-Rumi yang mana nasabnya sampai kepada Abu Bakar As-Siddiq Rodhiyallohu 'Anhu. Beliau mengajarkan Al-Faatih ilmu-ilmu asas yaitu Al-Qur'an, Al-Hadits, Fiqh, Linguistik (Arab, Parsi dan Turki) dan juga ilmu kemahiran yang lain seperti Matematik, Falak, Sejarah, Ilmu Peperangan dan sebagainya. Sehingga Al-Faatih mempunyai kepakaran dalam bidang ketenteraan, sains, matematik dan menguasai enam bahasa (bahasa Turki, Bahasa Greek, Bahasa Hebrew, Bahasa Arab, Bahasa Parsi dan Bahasa Latin) ketika beliau masih berumur 21 tahun. Syeikh Ak Semsettin bukan saja bertindak sebagai gurunya di kala muda, malah dalam setiap keputusan dalam pemerintahan juga akan dirujuk kepada Syeikh Ak Semsettin dalam memastikan setiap keputusan itu bersesuaian dengan kehendak Allah dan RasulNya. Beginilah telitinya Al-Fatih dalam menjaga hukum Allah.[7]
Semenjak kecil, Syeikh Ak Semsettin berusaha meyakinkan Sulthan Muhammad Al-Fatih bahwa beliaulah orang yang dimaksudkan oleh Rasulullah di dalam hadits pembukaan Costantinople tersebut. Sultan Muhammad Al-Fatih sangat menyayangi Syeikh Ak Semsettin. Beliau mempunyai kedudukan yang istimewa pada diri Sultan Muhammad Al-Fatih dan ini sangat jelas dinyatakan oleh beliau ketika pembukaan Istanbul, "...sesungguhnya kamu semua melihat aku gembira sekali. Kegembiraanku ini bukanlah semata-mata kerena kejayaan kita menawan kota ini, akan tetapi ia adalah kerana hadirnya di sisiku syeikhku yang mulia, dialah pendidikku, Asy-Syeikh Ak Semsettin."[8]
Tarbiyah yang diberikan oleh para 'ulama murabbi itu memberikan pengaruh yang besar, Melalui tarbiah yang teliti dan penuh terhormat, tidak heranlah jika pribadi yang unggul seperti Sultan Muhammad al-Fatih ini lahir menempa nama besar di persada sejarah dunia dan telah mengantarkan beliau menjadi pemimpin yang adil dan berakhlak mulia.
3. Apa Kata Para Tokoh Tentang Al-Faatih ?
a. Dr. Abd. Salam bin Abd Aziz telah menulis dalam sebuah buku yang bertajuk ‘Sultan Muhammad al-Fatih’ menjelaskan :
"bahawa Sultan Muhammad al-Fatih sebenarnya memiliki keyakinan diri yang kuat, pandangan yang jauh serta kepintaran yang tinggi, malah Sultan Muhammad al-Fatih mampu untuk menghadapi tekanan, kepahitan dan bebanan yang dihadapinya. Watak beliau di awal remajanya agak berbeda dengan remaja-remaja lain yang seusia dengannya"[9].
b.Yilmaz Oztuna di dalam bukunya Osmanli Tarihi menceritakan bagaimana seorang ahli sejarah Byzantine berkata,:
“kami tidak pernah melihat dan tidak pernah mendengar sebelumnya, sesuatu yang sangat luar biasa seperti ini. Muhammad Al-Fatih telah mengubah bumi menjadi lautan dan dia menyeberangkan kapal-kapalnya di puncak-puncak gunung sebagai pengganti gelombang-gelombang lautan. Sungguh kehebatannya dia jauh melebihi apa yang dilakukan oleh Iskandar yang Agung,”.[10]
4. Keunikan Al-Fatiih dan Pasukannya adalah Sebaik-baik Ketua Dan Tentera
Ketika ayahnya menjadi sultan, beliau dilantik menjadi gubernur di Magnisa. Setelah kematian ayahnya, Sultan Muhammad al-Fatih telah diangkat menjadi pemimpin kerajaan Othmaniyah pada bulan Februari tahun 855H / 1444M pada usia beliau 19 tahun sampai 1481M. Baginda menakluk Constantinople pada hari selasa, 29 Mei 1453M melalui pertempuran yang amat terkenal, Perang Konstantinopel pada umur 28 tahun (dalam keterangan lain umur beliau 21, atau 26 tahun), yang membawa kepada kehancuran Empayar Byzantine.[11]
Beliau banyak mengkaji dan mempelajari pengalaman dari sejarah peperangan Rasulullah . Malah semangat kepahlawanan dan pengorbanan panglima perang Islam dahulu, banyak mempengaruhi jiwanya. Sultan Muhammad al-Fatih mewarisi sifat keberanian, kegagahan, kesabaran dan semangat tidak putus asa daripada ayahnya. Beliau juga mewarisi pengetahuan yang luas serta berkemahiran dalam menyusun strategi peperangan.
Juga semenjak kecil, Sultan Muhammad Al-Fatih telah meneliti dan meninjau usaha ayahnya menawan Kostantinople. Bahkan beliau terus mengkaji tentang usaha-usaha yang pernah dibuat sepanjang sejarah Islam ke arah itu, sehingga menimbulkan keazaman yang kuat untuk beliau meneruskan cita-cita umat Islam zaman berzaman itu.
Konstantinople tetap menjadi idaman al-Fatih. Bukan nama dan kemasyhuran yang dikejar, tetapi perjuangan demi mengejar gelaran dari Nabi sebagai sebaik-baik pemimpin dan tentera yang menjadi cita-citanya. Oleh itu, beliau telah menyiapkan pasukan mujahid sebanyak 250 000 orang demi merealisasikan tujuan ini. Para mujahid ini bukan sekadar dilatih dan dilengkapi dengan senjata bersifat dzahiriah, tapi mereka juga turut dididik dengan taqwa untuk memenuhi kriteria yang dinyatakan oleh Rasulullah .
Setiap hari al-Fatih bermunajat pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengharapkan bantuan dariNya. Namun ikhtiarnya tidak terhenti sekadar munajat, bahkan beliau sendiri pernah menyusup masuk ke dalam kota Konstantinople secara rahsia, demi mengkaji secara dekat akan kekuatan kubu dan juga untuk memahami struktur sosial masyarakat Constantinople yang diperintah oleh Raja Byzantine. Usaha beginilah yang belum pernah dilakukan oleh khalifah sebelumnya yang mungkin mejadi sebab kepada kesuksesan, akibat gagal mengetahui kekuatan musuh.
Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak baligh hingga saat wafat. Dan kedekatannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala ditularkan kepada tentaranya. Tentara Sultan Muhammad Al-Fatih tidak pernah meninggalkan solat wajib sejak baligh. Dan separuh dari mereka tidak pernah meninggalkan solat tahajud sejak baligh.
Mentarbiyah Tentara Satu hal yang jarang diingat orang adalah proses pembentukan pasukan yang sangat profesional. Pembibitan dilakukan sejak calon prajurit masih kecil. Ada team khusus yang disebarkan ke seluruh wilayah Turki dan sekitarnya seperti Balkan dan Eropa Timur untuk mencari anak-anak yang paling pandai IQ-nya, paling rajin ibadahnya dan paling kuat pisiknya. Lalu ditawarka kepada kedua orang tuanya sebuah kontrak jangka panjang untuk ikut dalam tarbiyah (pembinaan) sejak dini.
Bila kontrak ini ditandatangani dan anaknya memang berminat, maka seluruh kebutuhan hidupnya langsung ditanggung negara. Anak itu kemudian mulai mendapat bimbingan agama, ilmu pengetahuan dan militer sejak kecil. Mereka sejak awal sudah dipilih dan diseleksi serta dipersiapkan.
Maka tidak heran kalau tentara Muhammad Al-Fatih adalah tentara yang paling rajin shalat, bukan hanya 5 waktu, tetapi juga shalat-shalat sunnah. Sementara dari sisi kecerdasan, mereka memang sudah memilikinya sejak lahir, sehingga penambahan ilmu dan sains menjadi perkara mudah.
Itulah barangkali kunci utama keberhasilan beliau dan tentaranya dalam menaklukkan kota yang dijanjikan nabi Subhanahu Wa Ta'ala. Rupanya kekuatan beliau bukan terletak pada kekuatan pisik, tapi dari sisi kedekatan kepada Allah, nyata bahwa beliau dan tentaranya sangat menjaga hubungan kedekatan, lewat shalat wajib, tahajjud dan sunnah rawatib lainnya.
Beliau merupakan seseorang yang sangat ahli dalam berperang dan pandai berkuda Ada yang mengatakan bahwa sebagian hidupnya dihabiskan di atas kudanya.
5. Jasa-Jasa Al-Faatih
a. Menaklukan Constantinople
Antara sumbangsi baginda adalah menaklukan Constantinople yang juga menyebabkan berakhirnya Empayar Byzantine Kejayaan baginda dalam menewaskan tentera salib menyebabkan ramai kawan dan lawan kagum dengan kepimpinan beliau serta taktik dan strategi peperangannya yang dikatakan mendahului pada zamannya dan juga kaedah pemilihan tenteranya. Baginda jugalah yang menukar nama Constantinople kepada Islambol (Islam keseluruhannya).
b. Sistem Tata Negara, Administrasi dan Pendidikan
Selain sebagai ahli perang dan punya peran besar dalam hal perluasan wilayah Islam, beliau juga ahli di bidang penataan negara, baik secara pisik maupun dalam birokrasi dan hukum. Kehebatan beliau dalam menata negerinya menjadi negeri yang sangat maju diakui oleh banyak ilmuwan. Bahkan secara serius belaiu banyak melakukan perbaikan dalam hal perekonomian, pendidikan dan lain-lain.
Dalam kepemimpinannya, Istambul dalam waktu singkat sudah menjadi pusat pemerintahan yang sangat indah dan maju di samping sebagai bandar ekonomi yang sukses.
Sultan Muhammad al-Fatih juga berjasa dalam aspek pembangunan diantaranya pembangunan Masjid al-Fatih yang terkenal dengan gelaran Blue Mosque dan Masjid Eyyub.
Begitupula setelah invasi Konstantinopel, dia mendirikan sejumlah universitas dan perguruan tinggi, yang beberapa di antaranya masih berdiri sampai sekarang.
c. Sistem Persenjataan dan Taktik Peperangan
Kejayaan pengembangan kuasa Uthmaniyyah pada kurun ke-16 adalah kerana kemahiran bersenjata api dan taktik peperangan di samping kesempurnaan sistem ketenteraan. Tentera Utsmaniyyah juga amat mahir dalam melakukan serangan dan kepungan yang mematikan terhadap musuh mereka.
Salah satu contoh terbaik untuk menunjukkan kemahiran mereka menyerang atau membuat pengepungan ialah semasa peristiwa penaklukan Constantinople (Istanbul) pada tahun 1453. Semasa serangan tersebut, meriam-meriam besar digunakan bagi memusnahkan tembok yang tinggi dan tebal. Meriam-meriam ini diperbuat daripada gangsa dan dibawa berdekatan dengan kota ini menggunakan banyak tenaga manusia disamping penggunaan kerbau dan lembu karena berat yang melampau meriam-meriam ini. Meriam-meriam ini kemudiannya ditanam di sebelah hujung bagi menyerap tekanan letupannya. Seorang panglima Austria pernah berkata bahawa tentera Utsmaniyyah amat "kebal" semasa musim panas. Keterangan ini nyata benar memandangkan banyak kejayaan dicapai semasa perangnya.
d. Sistem Kodifikasi Hukum Kriminal dan Konstitusi
Sejarah pun mencatat, Mehmed II adalah sultan pertama yang mengkodifikasikan hukum kriminal dan konstitusi jauh sebelum Sultan Sulaiman. Di samping itu, dia pula yang mengembangkan citra klasik kesultanan Usmaniyah yang otokrasi (padishah).[12]
e. Konsep Memilih Pasukan
Memilih dan mentarbiyah tentara adalah satu hal yang jarang diingat orang adalah proses pembentukan pasukan yang sangat profesional. Pembibitan dilakukan sejak calon prajurit masih kecil. Ada team khusus yang disebarkan ke seluruh wilayah Turki dan sekitarnya seperti Balkan dan Eropa Timur untuk mencari anak-anak yang paling pandai IQ-nya, paling rajin ibadahnya dan paling kuat pisiknya. Lalu ditawarka kepada kedua orang tuanya sebuah kontrak jangka panjang untuk ikut dalam tarbiyah (pembinaan) sejak dini.
Bila kontrak ini ditandatangani dan anaknya memang berminat, maka seluruh kebutuhan hidupnya langsung ditanggung negara. Anak itu kemudian mulai mendapat bimbingan agama, ilmu pengetahuan dan militer sejak kecil. Mereka sejak awal sudah dipilih dan diseleksi serta dipersiapkan.
B. Bagaimanakah Manhaj Taghyir Dakwah Al-Faatih ?
1. Perjuangan Al-Fatih dalam Menaklukkan Konstantinopel
a. Motif Penaklukan Kontastinopel
1. Motifasi keseriusan para Sahabat, para Khalifah serta para Sulthan sesudahnya dalam menaklukkan Konstantinopel adalah hadits Rasulullah Muhammad , tentang akan ditaklukkannya Kota Konstantinopel oleh sebaik-baik pemimpin dan pasukannya.2. Konstantinopel merupakan kota terpenting di dunia, kota yang sekaligus benteng ini dibangun pada tahun 330 M. oleh Kaisar Byzantium yaitu Constantine I. Konstaninopel memiliki posisi yang sangat penting di mata dunia. Kedudukan Konstantinopel yang strategis diillustrasikan oleh Napoleon Bonaparte; ".....kalaulah dunia ini sebuah negara, maka Konstantinopel inilah yang paling layak menjadi ibukota negaranya!".Dan Konstantinopel (Istanbul) sejak dahulu memang dikenal sebagai kawasan strategis, penghubung benua Asia dan Eropa yang selalu menjadi rebutan dan incaran berbagai kekuasaan bangsa-bangsa besar di dunia. Tidak hanya itu, pemandangannya sungguh indah sehingga apabila dunia ini berbentuk suatu kerajaan, maka kota “Roma” kedua inilah yang paling pantas menjadi ibukotanya.
3. Penaklukan Konstantinopel, menurut Al-Fatih, amatlah penting bagi masa depan kesultanan Usmaniyah. Terbukti kemudian, selama berabad-abad, kesultanan Usmaniyah dapat mempertahankan pengaruh mereka di daratan Eropa Timur. Tak hanya Konstantinopel, beberapa wilayah penting lainnya juga dapat dikuasai seperti Anatolia dan kawasan Balkan. Invasi terhadap Konstantinopel serta keberhasilan kampanye melawan kerajaan-kerajaan kecil di Balkan dan wilayah Turki di Anatolia, menghadirkan kejayaan bagi Kesultanan Usmaniyah.
b. Fase-Fase Penaklukan Kontastinopel
1. Era Nubuwwah
Sabda Rasulullah Muhammad : “Sesungguhnya Costantinople itu pasti akan dibuka. Sebaik-baik ketua adalah ketuanya, dan sebaik-baik tentera adalah tenteranya”(Hadith Riwayat Ahmad, al-Hakim dan Bukhari dalam kitab Tarikh as Saghir)Hadith ini diungkapkan semasa peristiwa penggalian parit yang besar di dalam Perang Khandaq. Di kala umat di dalam keadaan tertekan, ibarat cahaya di dalam kelam, hadith ini menjadi suatu motivasi buat sahabat-sahabat akan kecermelangan Islam di masa hadapan, yang merupakan langkah awal dalam menaklukan Konstantinopel.2. Era Sahabat Radhiyallahu 'Anhum
Bertitik tolak dari hadith ini, Abu Ayub al-Ansari radiyallahu 'anhu bersama barisan tentera Muslimin telah diutuskan oleh Muawiyah ra untuk bergerak menuju ke medan perjuangan dalam usaha merealisasikan kata nabi ini. Taqdir Allah mengatasi tadbir manusia, kemenangan ekspidisi itu ditangguhkan olehNya dan akibatnya, Abu Ayub telah menemui syahid dalam peperangan tersebut.[13]
3. Era Khalifah Selepas Sahabat Rahimahullahu 'Anhum
Kegagalan “generasi terbaik” (era sahabat) tidak mematikan semangat juang muslimin. Sebaliknya, perjuangan diteruskan oleh khalifah-khalifah seterusnya, termasuklah bapak Sultan Muhammad al-Fatih, Sultan Murad II. Namun, kesemuanya masih menemui kegagalan kerana masih belum menepati ciri-ciri sebaik-baik pemimpin dan tentara yang menjadi syarat kemenangan seperti yang dijanjikan oleh Nabi .
Penaklukan Konstantinopel oleh Muhammad Al – Fatih Tatkala kekuasaan Utsmani kembali stabil, semangat Jihad kembali berkobar, pada masa pemerintahan Sulthan Murad II beberapakali usaha penaklukkan Kota Konstantinopel dilakukan. Bahkan di masanya pasukan Islam beberapakali mengepung kota ini.
Adalah Sulthan Muhammad Khan (Al-Fatih) putera Sulthan Murad II yang melanjutkan estafet penaklukkan Konstantinopel baik dari ayahnya maupun pendahulunya, Dia berusaha dengan berbagai cara dan strategi diantaranya, memperkuat kekuatan militer Utsmani dari segi kwantitas hingga mencapai 250.000 mujahid. Selain membekali pasukan dengan berbagai seni tempur dan ketangkasan menggunakan senjata, Dia juga menanamkan semangat Jihad, Sulthan juga mengingatkan mereka akan pujian Rasulullah pada pasukan yang mampu membuka Kota Konstantinopel. Dia selalu berharap, tentara yang dimaksud Rasulullah adalah tentaranya. Hal ini memberikan dorongan moral serta ruhiyyah yang sangat kuat dan tiada tara di seluruh benak pasukannya. Dia juga memperkuat infrastruktur angkatan perang yang mutakhir dan strategi canggih, dengan membangun benteng Romali Hisyar di wilayah selatan Eropa di selat Bosphorus pada sebuah titik yang paling strategis yang berhadapan dengan benteng yang pernah dibangun pendahulunya yaitu Sulthan Bayazid di daratan Asia. Meski sempat dihalangi oleh Kaisar Romawi dengan ganti uang yang akan dibayarkan pada sulthan, Sulthan tetap menolak dengan tegas. Hingga akhirnya selesailah satu benteng yang demikian tinggi dan sangat aman. Tingginya sekitar 82 meter. Sulthan juga membebaskan (menebus) tawanan insinyur ahli pembuat meriam yang bernama Orban dari penjara Konstantinopel, jadilah Meriam yang sangat besar (meriam Sulthan Muahammad) memiliki bobot ratusan ton dan membutuhkan ratusan lembu untuk menariknya. Selain itu, dalam mempersiapkan penaklukan kota Konstantinopel, sulthan memperkuat armada laut Utsmani mengingat Konstantinopel adalah sebuah kota laut, yang tidak mungkin bisa dikepung kecuali dengan menggunakan armada laut. Disebutkan bahwa kapal yang dipersiapkan berjumlah 400 kapal. Meriam meriam besar digerakkan dari Adrianople menuju Konstantinopel dalam jangka waktu dua bulan. Akhirnya pasukan yang dipimpin langsung Muhammad al-Fatih sampai didekat Konstantinople pada hari Kamis tanggal 26 Rabiul Awwal 857 H.(6 April 1453 M). Sulthan Muhammad berpidato di hadapan pasukan dengan berapi-api dan penuh semangat yang memicu pasukan untuk berjihad dan meminta kemenangan pada Allah Ta'ala atau mati syahid. Dalam khutbahnya, Sulthan menjelaskan arti pengorbanan dan keikhlasan dalam berjihad tatkala berhadapan dengan musuh. Dia membacakan ayat-ayat Al-Qur’an yang berisi seruan Jihad, sebagaimana ia juga menyebutkan hadits-hadits Rasulullah yang mengabarkan tentang penaklukkan Konstantinopel dan keutamaan prajurit yang membukanya serta keutamaan pimpinan pasukannya. Dia menyebutkan, bahwa dengan dibukanya Konstantinopel berarti akan memuliakan nama Islam dan kaum Muslim. Pasukan Islam saat itu melakukan gempuran dengan membaca Laa Ilaaha Illallah dan Allahu Akbar, yang sebelumnya Muhammad Al-Fatih memimpin do’a dengan khusyu’ kepada Allah Ta'ala untuk kemenangan dia dan pasukannya dalam menaklukkan Konstantinopel. Saat armada laut Utsmani mengalami kekalahan, padahal yang sebelumnya kaisar Byzantium hampir menyerah dengan negosiasi mengajukan tawaran-tawaran yang ditolak tegas oleh Sulthan, bertambah sulitlah pengepungan yang terjadi menjadi kendur sementara musuh menyusun kekuatan lagi dengan bantuan yang berdatangan dari negara negara eropa yang dikomando oleh paus yang katholik. Atas ide cemerlang dari sulthan Muhammad Al-Fatih, maka dalam satu malam 70 lebih kapal Utsmani dapat dilabuhkan ke Tanduk Emas melalui jalur darat dengan bebukitan yang tinggi dengan cara yang tidak lazim. Pekerjaan demikian tentu sebuah pekerjaan yang berat dan besar bahkan dianggap sebagai “mukjizat” yang tampak dari sebuah kecepatan berfikir dan kecepatan aksi yang menunjukkan kecerdasan Muhammad Al-Fatih dan ketaatan serta keinginan kuat pasukannya saat itu. Orang-orang Byzantiumpun kaget, tak seorangpun yang percaya atas apa yang telah terjadi. Namun realita yang ada di hadapan mereka membuat mereka shock dan harus mengakui strategi yang sangat jitu tadi. Pada subuh pagi tanggal 22 April, penduduk kota yang lelap itu terbangun dengan suara takbir tentara Islam Utsmani dan genderang serta nasyid-nasyid jihad yang menggema di Tanduk Emas. Salah seorang ahli sejarah tentang Byzantium menyatakan :
“kami tidak pernah melihat dan tidak pernah mendengar sebelumnya, sesuatu yang sangat luar biasa seperti ini. Muhammad Al-Fatih telah mengubah bumi menjadi lautan dan dia menyeberangkan kapal-kapalnya di puncak-puncak gunung sebagai pengganti gelombang-gelombang lautan. Sungguh kehebatannya dia jauh melebihi apa yang dilakukan oleh Iskandar yang Agung,”
Sulthan Muhammad Al-Fatih mengejutkan musuhnya dari waktu ke waktu dengan seni serangan yang selalu berbeda dari segi perang dan pengepungan, seni perang yang dia lakukan merupakan inovasi baru yang belum pernah dikenal sebelumnya. Sedangkan para Ulama’ yang ikut berjihad memberi semangat pada para mujahidin, dengan mengatakan: “Tatkala Rasulullah hijrah ke Madinah, Rasul singgah di rumah Abu Ayyub Al-Anshari, sedangkan Abu Ayyub Al-Anshari sengaja mendatangi tanah ini dan dia singgah disini (Konstantinopel)”. Ucapan ini membakar semangat pasukan Islam dan menimbulkan gelora jihad yang tinggi. Sampailah Muhammad Al-Fatih sebelum penyerangan umum memberikan pidato kepada pembesar pembesar tentara :
“Jika penaklukan kota Konstantinopel sukses, maka sabda Rasulullah Shalalahu 'Alaihi Wasallam telah menjadi kenyataan dan salah satu dari mukjizatnya telah terbukti, maka kita akan mendapatkan bagian dari apa yang telah menjadi janji dari hadits ini, yang berupa kemuliaan dan penghargaan. Oleh karena itu, sampaikanlah pada para pasukan satu persatu, bahwa kemenangan besar yang akan kita capai ini, akan menambah ketinggian dan kemuliaan Islam. Untuk itu, wajib bagi setiap pasukan, menjadikan syariat selallu didepan matanya dan jangan sampai ada diantara mereka yang melanggar syariat yang mulia ini. Hendaknya mereka tidak mengusik tempat-tempat peribadatan dan gereja-gereja. Hendaknya mereka jangan mengganggu para pendeta dan orang-orang lemah tak berdaya yang tidak ikut terjun dalam pertempuran” Adanya seni strategi perang dan peristiwa-peristiwa yang menakjubkan pada pasukan Islam yang dipimpin langsung oleh Muhammd Al-Fatih akhirnya melemahkan semangat tempur pasukan Byzantium, yang mengakibatkan kekalahan dan takluknya Konstantinopel. Tepat pada hari Selasa tanggal 20 Jumadil Ula 857 H bertepatan tanggal 29 Mei 1453 M, Konstantinopel jatuh dan berhasil ditaklukkkan oleh Sulthan Muhammad Al-Fatih, kemudian dia turun dari kudanya sesudah memberi penghargaan degan ucapannya pada pasukan “MasyaAllah,” “kalian telah menjadi orang-orang yang mampu menaklukkan konstantinopel yang telah Rasulullah kabarkan”, baru kemudian dia Sujud kepada Allah di atas tanah, sebagai ungkapan syukur dan pujian serta bentuk kerendahan diri dihadapan-Nya.Kejayaan baginda dalam mengalahkan tentera salib menyebabkan banyak kawan dan lawan kagum dengan kepimpinan beliau serta taktik & strategi peperangannya yang dikatakan mendahului pada zamannya dan juga kaedah pemilihan tenteranya.
Al-Fatih terkenal sebagai penguasa yang rendah hati. Selama menduduki satu kawasan, utamanya di Konstantinopel, misalnya, dia menjalankan praktik yang dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabat saat menaklukkan wilayah musuh. Sesuai ajaran Rasul, dia pun memperlakukan orang-orang yang ditaklukan dengan baik. Tidak ada perlakuan semena-mena.
Di setiap kota yang diduduki, Al-Fatih selalu berusaha mengembalikan fungsi bangunan yang rusak karena perang dan juga mendirikan rumah tempat tinggal layak huni. Untuk menjalankan roda kegiatan sehari-hari, yang selanjutnya Sultan menunjuk salah seorang tokoh masyarakat setempat sebagai walikota. Pengaruh kekuasaan walikota tersebut hanya terbatas pada warga beragama Kristen, tidak termasuk komunitas Genoa dan Venesia di daerah pinggiran serta pendatang Muslim maupun Yahudi. Metode Sultan ini dengan kata lain mengizinkan kuasa tak langsung kepada warga Bizantium Kristen dan sekaligus juga pengaruh lebih luas pada penguasa Utsmaniyah.
Hal tersebut berlaku sampai kemudian Sultan memperbaharui sistem pemerintahan di kota itu, menggantinya menjadi ibukota Turki Usmaniyah hingga tahun 1920-an. Begitu pula ketika keberhasilan kampanyenya terhadap kawasan Otranto di sebelah selatan Italia, Al-Fatih sempat pula mengumpulkan para humanis Italia dan ilmuwan Yunani guna berdiskusi. Hal lain yang dilakukannya adalah tetap memfungsikan Gereja Bizantium, menawarkan pada para sarjana menerjemahkan ajaran-ajaran Kristen ke dalam bahasa Turki.
Sejarah pun mencatat, Al-Fatih adalah sultan pertama yang mengkodifikasikan hukum kriminal dan konstitusi jauh sebelum Sultan Sulaiman. Di samping itu, dia pula yang mengembangkan citra klasik kesultanan Usmaniyah yang otokrasi (padishah). Setelah kejatuhan Konstantinopel, dia mendirikan sejumlah universitas dan perguruan tinggi, yang beberapa di antaranya masih berdiri sampai sekarang.
C. Pelajaran dan Ibroh dari Perjalanan Hidup Al-Fatih
Pelajaran dan ibroh dari perjalanan hidup Al-Fatih sangat banyak, tapi kami hanya akan menyebutkan beberapa poin saja diantaranya :
1. Urgensi bimbingan dan motifasi seorang guru yang rabbani, sebagaimana Al-Faatih dibimbing oleh gurunya sehingga dapat menaklukkan Konstantinopel.
2. Urgensi perhatian orang tua dalam mendidik anak, ini dapat diambil dari kisah perhatian Sultan Murad II ayah al-fatih kepada beliau.
3. Urgensi mujahadah dalam menuntut ilmu, ini dapat kita lihat pada mujahadahnya al-Fatih dalam menuntut ilmu, dimana beliau mempelajari berbagai bidang ilmu.
4. Urgensi tarbiyah dan tashfiyyah ruhiyyah wa jasadiyyah untuk pembentukan rijal (kader), ini dapat diambil dari kisah ditarbiyahnya Al-Fatih oleh ayah dan gurunya, juga tarbiyah Al-Fatih terhadap tentaranya.
5. Urgensi usaha/amal, tawakkal, taqwa, muqorobah dan luju' kepada Allah Ta'ala dalam setiap kondisi dan situasi.
6. Urgensi Jihad fi Sabilillah Li'ilai Kalimatillah yang diabarengi dengan ilmu/fiqhul jihad.
7. Urgensi duat-duat yang brilian dan muta'awin, adalah kunci sukesnya dakwah.
8. Urgensi mengamalkan Alqur'an dan Assunnah.
9. Ugensi shalat 5 waktu secara berjama'ah, shalar rawatib dan qiyamullail.
10. Urgensi Attandhim Ajjaddah (manajemen organisasi yang tangguh), sebagaimana yang dilakukan al-Fatih dalam fase menaklukan Kostantinopel.
11.Urgensi toleransi antar umat beragama yang diolandasi alwara dan albara'.
12. Urgensi mempelajari dan mendalami sirah para salaf as-sholih.
13. Urgensi fiqhu dakwah dan fiqhu waqi'/madu'.
14. Urgensi pembinan para du'at, baik dari segi material maupun spiritual.
15. Urgensi mempelajari ilmu komunikasi (bahasa), transfortasi, dan teknologi secara umum.
16. Urgensi sifat wara'.
17. Urgensi lembaga pendidikan.
18. Urgensi masa muda untuk mencari ilmu, berkedudukan/berpolitik, berjihad/berjuang dan bersosialisasi.
17. Urgensi lembaga pendidikan.
18. Urgensi masa muda untuk mencari ilmu, berkedudukan/berpolitik, berjihad/berjuang dan bersosialisasi.
19. Urgensi memberikan amanah kepada ahlinya, dan memoifasinya.
20. Urgensi wasilah dakwah, bahwasannya bersifat ijtrihadiyah dan bukan tauqifiyah. , dan lain-lain.
PENUTUP
Dari pembahasan di atas dapat ditarik beberapa kesimpulan, antara lain:
1. Al-Amir Sulthan Muhammad Al-Fatih adalah seorang amir, shulthan, ulamaul 'amilin dan mujahid yang hebat, brilian, wara' dan tawadhu'.
2. Manhaj Taghyir Perjuangan Dakwah Sulthan Muhammad al-Fatih adalah menitik beratkan kepada pengamalan alqur'an dan hadits Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasaallam, khususnya dalam mentathbiq hadits jihad penaklukkan Konstantiopel.
3. Diantara pelajaran dan ibrah dari kisah perjalanan hidup Al-Amir Sulthan Muhammad Al-Fatih , adalah perlunya kita menuntut berbagai macam bidang ilmu, mengamalkannya, mendakwahkannya dan berjihad di jalan Allah Ta'ala.
20. Urgensi wasilah dakwah, bahwasannya bersifat ijtrihadiyah dan bukan tauqifiyah. , dan lain-lain.
PENUTUP
Dari pembahasan di atas dapat ditarik beberapa kesimpulan, antara lain:
1. Al-Amir Sulthan Muhammad Al-Fatih adalah seorang amir, shulthan, ulamaul 'amilin dan mujahid yang hebat, brilian, wara' dan tawadhu'.
2. Manhaj Taghyir Perjuangan Dakwah Sulthan Muhammad al-Fatih adalah menitik beratkan kepada pengamalan alqur'an dan hadits Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasaallam, khususnya dalam mentathbiq hadits jihad penaklukkan Konstantiopel.
3. Diantara pelajaran dan ibrah dari kisah perjalanan hidup Al-Amir Sulthan Muhammad Al-Fatih , adalah perlunya kita menuntut berbagai macam bidang ilmu, mengamalkannya, mendakwahkannya dan berjihad di jalan Allah Ta'ala.
0 comments:
Posting Komentar
Syukran sudah komentar